Seleksi penerimaan CPNS daerah sebentar lagi akan terbuka secara serentak, seperti tahun-tahun sebelumnya berjubel para pendaftar meramaikan seleksi tersebut. Diantara pendaftar tersebut mungkin ada yang baru lulus dan terbilang baru atau pertama kali mengikuti test CPNS, selain itu terdapat juga peserta yang untuk kesekian kalinya mengadu keberuntungan setelah tahun-tahun kemarin belum berhasil. Persaingan yang ketat menjadikan setiap peserta harap-harap cemas dengan satu mimpi merekalah yang beruntung tahun ini. Akan tetapi siapapun diantara peserta semuanya berkesempatan untuk lulus bergantung sejauh mana mereka siap menghadapi seleksi tersebut. Untuk itulah devisi humas MPS menyempatkan diri berbincang-bincang dengan salah satu peserta yang lulus pada seleksi CPNS tahun 2009. Sebut saja namanya Sri Hidayat, S.Si. Semoga informasi dari beliau bisa menjadi masukan buat kita semua yang akan mengikuti seleksi CPNS tahun ini. Adapun petikan bincang-bincang tersebut sebagai berikut :

Katanya anda lulus seleksi CPNS tahun 2009 untuk formasi diPemprov Sulsel?

Alhamdullilah, mungkin tahun kemarin rejeki saya. Setelah 2 kali mengikuti seleksi CPNS yang sebelumnya dipemkab Maros tahun 2008 tetapi saya tidak lulus dan baru ditahun kemarin 2009 saya berhasil lulus di Pemprov SulSel untuk formasi S1 Kimia.

Bagaimana perasaan anda saat pengumuman dikoran nomor test anda muncul ?

Ya..tentunya sangat bersyukurlah kepada Allah SWT karena Allah SWT telah mengijabah doa saya. Hasil pengumuman itu sangat suprise buat saya. Ngak nyangka itu pagi yang sangat membahagiakan. Awalnya dengan hati yang cemas saya mencari no test saya dideretan no test yang sangat banyak dan akhirnya saya tersentak berhenti ketika no test dikartu test saya sama dengan no yang ada dikoran. tak tertahanlah lagi ucapan Alhamdullilah mengalir dari bimbir saya berlanjut sujud syukur seketika itu juga. Saat pengumuman itu saya juga langsung memberi tahu kedua orang tua saya dan tentunya mereka sangat berbahagialah nampak dari wajahnya.!

Menurut sebagian orang seleksi CPNS itu tingkat persaingannya sangat ketat, bagaimana menurut anda ?

Benar…!seleksi CPNS setiap tahunnya memang semakin ketat, ini bisa kita lihat dari banyaknya animo masyarakat yang mengikuti seleksi tersebut. Belum lagi formasi yang dibuka sangat sedikit menampung kuota yang akan diterima. Sebagai contoh dulu saya tahun 2008 pernah ikut seleksi CPNS diPemkab Maros untuk formasi S1 kimia akan diterima satu orang sementara kami yang  mendaftar waktu itu ada 40 orang, anda bisa membayangkan ketatnya bagaimana satu kuota diperebutkan 40 orang. Waktu test diPemprov tahun 2009 untuk formasi S1 kimia akan diterima 5 orang sementara pendaftarnya kurang lebih 200 orang itu artinya satu kursi juga diperebutkan sekitar 40 orang. Persaingan tiap formasi berbeda-beda bergantung kuota yang tersedia dan pendaftarnya, jika pendaftarnya sedikit dan kuota yang diterima banyak itu artinya peluang anda untuk lulus juga semakin besar. Hal inilah yang biasanya membuat para peserta memilih untuk mendaftar didaerah dengan asumsi pendaftarnya kurang. Berbeda halnya memang untuk dikota biasanya peminatnya banyak sehingga pendaftarnya juga banyak dan persaingan menjadi semakin ketat.

Wah anda hebat dong..!dengan tingkat persaingan yang ketat toh anda bisa lulus seleksi CPNS, bisa dong rahasianya dibagi-bagi ke kami…!

Anda ini terlalu melebih-lebihkan, dibilang hebat tidaklah..!mungkin sudah jalannya seperti itu. Untuk rahasianya juga ndak ada yang spesial ya biasalah. Pertama ; bulatkan dulu niat anda bahwa anda benar-benar mau menjadi PNS, mengapa saya katakan demikian karena klo niat anda setengah2 pasti anda tidak serius mempersiapkan diri dan saya rasa semua berawal dari niat. Kedua ; tentulah persiapkan diri anda, ibarat akan berperang tentu sebelum terjun kemedan perang kita harus mempersiapkan kebutuhan perang, klo tidak itu artinya bunuh diri, begitulah kita sebelum ujian pastinya kita harus sudah tahu apa yang akan diujikan dan minimal memperbanyak melatih menjawab soal-soal yang biasanya diujikan. Ketiga ; jangan lupa berdoa kepada Allah SWT karena kitakan manusia hanya sampai pada berusaha hasil akhirnya semuanya Allah yang tentukan, jadi meminta kepada yang Maha Menentukan adalah seharusnya, terakhir sebelum pergi ujian jangan lupa untuk mencium tangan kedua orang tua anda minimal restu dari orang tua anda menjadi spirit tersendiri anda untuk lulus tahun ini.

Ndak melebih-lebihkan ko memang kenyataannya begitu.!Oh ia khusus tips anda yang kedua mempersiapkan diri,bagaimana sih mempersiapkan diri yang bagus?, apakah hanya dengan membeli buku2 latihan soal dan mengerjakannya, atau ada yang lain?

Oh itu..!Iya persiapan itu sangat penting, filosofinya tidak perlu khawatir dengan saingan yang banyak,karena sebanyak apapun saingan bila yang paling siap adalah anda maka andalah yang lulus. Selama ini kan banyak peserta yang gagal karena mereka tidak mempersiapkan diri hanya bermodalkan semangat dan berharap keberuntungan, mari coba kita belajar dari kegagalan tahun-tahun sebelumnya karena kurang persiapan kita tidak lulus, oleh karena itu bila tahun ini kita berniat untuk lulus tentulah kita harus punya persiapan lebih matang. Untuk mempersiapkan diri salah satunya memang adalah banyak mengerjakan soal-soal tes CPNS, soal-soalnya banyak, anda bisa beli bukunya ditoko buku atau juga anda bisa mendowload di internet banyak ko tersedia.!. Tapi menurut saya tidak cukup dengan itu, yang sebenarnya sebelum anda latihan mengerjakan soal anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis soal yang akan dimunculkan kemudian anda memfokuskan diri pada latihan soal tersebut, sehingga belajar anda tidak sia-sia. Sekedar info saya mempelajari soal CPNS dari 2000, sejak tahun 2007 ternyata soal CPNS mengalami perubahan dimana soal dibagi 3 bagian yaitu pengetahuan umum, TBS, dan skala kematangan semuanya disatukan dalam satu kali test dengan jumlah soal 100 nomor. Setiap bagian yang akan diujikan tersebut memiliki tips tersendiri untuk mempersiapkan diri menjawab soal-soal. Hal itulah yang perlu anda mencari tahu. Dengan begitu belajar anda lebih fokus, terarah dan hasilnya maksimal. Selain itu saya rasa anda juga perlu orang yang bisa membimbing anda dengan itu anda tahu tips dan trik cepatnya menjawab soal tersebut.

Disebagian peserta test ada pesimistis untuk lulus karena gosip kuota yang tersedia telah menjadi jatah-jatah orang tertentu sehingga anda test hanya sekedar meramaikan, bagaimana menurut anda..!

Sebaiknya kita tidak usah terpengaruhlah dengan gosip seperti itu, karena bagaimana kita bisa maju bila terus diliputi perasaan negatif, mari kita positif thingking sajalah. Kita percayakan sajalah sama panitianya masih banyak ko orang yang punya hati nurani, lagian juga saat ini keterbukaan informasi menciptakan pengawalan ketat bagi aparatur pemerintah sehingga mereka akan berpikir 100x untuk melakukan hal tersebut. Selain itu kan tidak semua juga bisa seperti itu jadi akan jauh lebih banyak yang lulus murni.

Tahun ini untuk pertama kalinya Makassar Problem Solution (MPS) berencana akan mengadakan try out dan bimbingan persiapan Seleksi CPNS, bagaimana menurut anda ?

Saya rasa bagus itu, persiapan itu kata kuncinya klo anda ingin lulus CPNS. Jadi klo MPS hadir dengan try out dan bimbingannya itu akan sangat membantu buat peserta seleksi CPNS mempersiapkan dirinya. Sekiranya pada waktu saya dulu ada MPS pasti saya tidak lewatkan untuk ikut tryoutnya, tidak ada ruginya, seberapa sih investasi materi dan waktu yang kita keluarkan untuk masa depan yang lebih baik.

Apakah anda bersedia kami undang sebagai pembahas tryout dan menyampaikan tips-tipsnya menjawab soal-soal seleksi CPNS ?

Ya..bersedialah, suatu kebanggaan bisa membantu kesuksesan orang lain.

Apa pesan-pesan anda untuk peserta Seleksi CPNS tahun ini?

Persiapkan diri anda sedini mungkin dengan perbanyak latihan dan belajar soal seleksi CPNS,selain itu pastikan anda mengikuti tryout atau bimbingan persiapan seleksi CPNS seperti yang ada di MPS. Sukses merencanakan sama artinya anda merencanakan sebuah kesuksesan.