WATAMPONE, TRIBUN-TIMUR.COM — Pemkab Bone mengirimkan rincian jurusan formasi CPNS Daerah Kabupaten Bone untuk penerimaan tahun 2010 ke BKN dan MenPAN, Rabu (25/8/2010).

Surat tersebut dikirim dengan dibawa langsung ke Jakarta oleh Kasubid Pengadaan, Penempatan dan Perpindahan Pegawai BKD Bone, Abarsuki. Rincian jurusan tersebut walau masih bersifat usulan namun akan dijadikan patokan oleh pusat untuk penerimaan CPNS Bone pada tahun ini.
Kepala BKDD Bone M Ridwan mengatakan bahwa setelah rincian tersebut dikirim, MenPAN dan BKN akan mengirimkan kembali rincian jurusan yang harus diterima dalam seleksi CPNS Bone tahun 2010. “Kalau sudah ada balasan mengenai rincian jurusan yang akan diterima, berarti sudah ada juga jadwal dan tahapan penerimaan CPNS. Semuanya serentak di Sulsel tapi kami belum tahu kapan pastinya,” kata Ridwan.
Bone tahun ini mendapatkan 220 quota dengan rincian untuk tenaga pendidik sebanyak 99 quota, tenaga kesehatan 66 orang dan tenaga teknis lainnya sebanyak 55 formasi.Untuk formasi tenaga kesehatan, Bone mengalokasikan 10 lowongan untuk kualifikasi Dokter Umum. Dokter Gigi dibutuhkan 3 orang, apoteker 3 orang, perawat 20 orang dan bidan 20 orang. Selain itu, untuk tenaga kesehatan masih banyak yang juga dibutuhkan untuk sejumlah formasi seperti S1 Sarjana Kesehatan Masyarakat untuk formasi Penyuluh Kesehatan Masyarakat dan D III Analis Kesehatan untuk formasi Analis Kesehatan.
Untuk formasi tenaga pendidik, Bone mengalokasikan 99 formasi yang terdiri dari guru TK, Guru SD, Guru SMP, dan Guru SMU. Walaupun hanya mendapatkan alokasi 55 lowongan untuk tenaga teknis, namun formasi yang dibutuhkan adalah 24 jurusan/program studi. Jurusan yang dibutuhkan untuk tenaga teknis antara lain S1 Administrasi Negara untuk lowongan Analis Jabatan dan S1 Ilmu Hukum untuk formasi Analis Hukum.
Selain itu, pada penerimaan CPNS Bone tahun 2010 ini, dibuka juga kesempatan untuk lulusan SMA/SMK dan sederajat. Lulusan tersebut akan ditempatkan sebagai Polisi Kehutanan dengan golongan II a dan jumlah yang dibutuhkan sebanyak tujuh orang.